Fenomena Telapak Tangan Pasca-Gempa Lombok. Apa yang Terjadi?

[Historiana] - Pasca gempabumi yang terjadi di Lombok sejak tanggal 29 Juli 2018 lalu, kondisi psikologi masyarakat kian labil. Belum lagi upaya berbagai pihak untuk memulihkan semangat masyarakat yang trauma, kini masyarakat merasa khawatir akan beberapa peristiwa sosial yang mengikuti bencana yang terjadi.

Sebelumnya merebak isu tentang perampok yang terorganisir dan tegas ditepis polisi, demikian diberitakan Kicknews.com.

Kini muncul isu baru yang kembali membuat resah masyarakat yakni jejak telapak tangan menempel jelas di dinding-dinding rumah warga. Dari berbagai video yang di-upload di youtube, fenomena jejak telapak tangan ini tidak hanya terjadi disatu rumah warga, namun muncul pada lebih dari satu rumah warga, bahkan di beberapa wilayah yang berbeda.

Seperti didalam tayangan channel youtube: Cari Tahu, "Misteri Jejak Telapak Tangan Misterius yang tersebar di Rumah Warga pasca gempa Lombok NTB" dijelaskan bahwa bekas telapak tangan tersebut sampai mengupas cat pada dinding tembok. Seolah tangan yang menempel sebelumnya itu basah dan lengket.



Misalnya dari video youtube channel "seribu Mesjid", tayangan bukti jejak telapak tangan di rumah-rumah dibenarkan oleh warganet dalam kolom komentar seperti berikut ini:

Tak jarang berbagai fenomena dikaitkan dengan supranatural. Misalnya kasus "kesurupan" yang menimpa beberapa warga. Disebutkan bahwa yang merasuki tubuhnya adalah "Dewi Anjani" penunggu Gunung Rinjani. Meskipun orang yang 'kerasukan' tersebut berlokasi berjauhan, namun memiliki pesan yang sama untuk "menutup gunung Rinjani karena dianggap telah dikotori oleh perbuatan tak senonoh di gunung".


Ada juga yang memberitakan bahwa fenomena telapak tangan sebagai "hoax", misalnya dari situs kabartumbuhmulia.id dijelaskan bahwa memang ada juga telapak tangan tersebut. Namun demikian, penulisnya menjelaskan bahwa itu bekas telapak tangan tukang "ngaci semen" saat pembangunan rumah. Mesti tak dapat dijelaskan dengan detail, mengapa telapak tangan sang tukang tersebut baru kali ini muncul?


Apa kata Polisi?
Mengutip berita dari Kicknews.com bahwa Kabid Humas Polda NTB, AKBP Komang Suartana, Jum’at (24/8) mengaku pihak Kepolisian saat ini tengah menyelidiki mengenai fenomena jejak telapak tangan yang kini meresahkan masyarakat. “Kita sedang selidiki” katanya.

Namun demikian, dia berpesan agar masyarakat tidak perlu terlampau khawatir dengan hal tersebut. Apalagi dari isu yang berkembang dihubung-hubungkan dengan hal-hal yang tidak rasional seperti tumbal anak dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Asal usul Uang "Cicis" dalam Budaya Sunda

Inilah 151 istri Prabu Siliwangi? Siapa saja nama-namanya....

Naskah Sanghyang Raga Dewata