Aki Tirem Penghulu Kerajaan Salakanagara Bukan Nama Sebenarnya


[Historiana] - Sebelumnya kita sudah membahas "Asal Usul Aki Tirem, Penghulu Kerajaan Salakanagara berkaitan Erat dengan Kerajaan Langkasuka (Malaysia-Thailand)". Bahwa leluhur Aki Tirem dari daratan Asia. Tersebutlah Yawana di India sekarang.

Siapakah Aki Tirem? Kita mengenal Aki Tirem sebagai Penghulu Kerajaan Salakanagara pada abad ke-2 Masehi. Aki dalam bahasa sunda yang dimaksuda adalah Kakek (Bahasa Melayu) atau yang dituakan. Namun demikian, Benarkah "Tirem" adalah nama pribadinya?

Menurut Kitab Negarakertagama pupuh XIV disebutkah nama "Tirem" sebagai nama sebuah negara bawahan Majapahit (sekitar abad ke-13). Memang, wilayah Tirem berada di daratan Asia. Kemungkinan sekitar Thailand atau Banglades sekarang. Statusnya sebagai bawahan Majapahit terjadi lebih kurang 1100 tahun kemudian (12 abad kemudian). Yang pasti bahwa "Tirem" bukanlah nama seseorang, melainkan nama wilayah kerajaan.

Hujung Mendini dan Langkasuka juga disebutkan dalam Negarakertagama sebagai bawahan Majapahit. nama-nama tersebut juga tercantum dalam Naskah Wangsakerta.

Dengan demikian Aki Tirem dimaknai sebagai seorang Tetua atau pemimpin yang berasal dari Tirem. Mungkin saja penyebutannya sebagai penghormatan kepada lelhurnya. Saat memimpin Salakanagara, silsilah Aki Tirem berkaitan dengan Swarnabhumi hingga Langkasuka d Thailand.

Dalam Wangsakerta tidak menyebutkan bahwa Tirem adalah nama kerajan...

Cag

Comments

Popular posts from this blog

Asal usul Uang "Cicis" dalam Budaya Sunda

Inilah 151 istri Prabu Siliwangi? Siapa saja nama-namanya....

Naskah Sanghyang Raga Dewata